Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Rutin Laksanakan Upacara Berbangsa dan Bernegara, Upaya Lapas Padangsidimpuan Ciptakan Semangat Kebangsaan Warga Binaan

Selasa, 15 Oktober 2024 | Selasa, Oktober 15, 2024 WIB Last Updated 2024-10-18T12:28:49Z



PADANGSIDIMPUAN- SUMUT, tampahan.com - Lapas Kelas IIB Padangsidimpuan rutin megggelar upacara Hari Kesadaran Berbangsa dan Bernegara untuk warga binaan pemasyarakatan (WBP). Upacara ini merupakan bagian dari program rehabilitasi dan reintegrasi sosial yang dilakukan di lembaga pemasyarakatan. Senin, ( 14/10/2024 ).


Dalam upacara tersebut, puluhan WBP dari berbagai latar belakang dan usia berkumpul di lapangan lapas. Acara dimulai dengan penghormatan kepada bendera negara dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.


Selama upacara berlangsung, WBP juga mendengarkan amanat dari Kepala Tata Usaha (KTU) Lapas Padangsidimpuan, Sandy Rio Purba yang mengingatkan tentang pentingnya kesadaran berbangsa dan bernegara. Amanat tersebut menekankan nilai-nilai seperti kebersamaan, keadilan, dan ketaatan terhadap hukum sebagai pondasi dalam membangun masyarakat yang harmonis.


“Catur dharma narapidana yang dibacakan setiap Upacara kesadaran berbangsa dan bernegara ini jangan hanya menjadi retorika karena ini merupakan janji kalian kepada negara”, ungkap Sandy.


Pada kesempatan tersebut, Sandy selaku inspektur upacara juga mengapresiasi warga binaan yang menjadi petugas upacara. 


“Terimakasih kepada warga binaan yang sudah bekerja keras sebagai petugas upacara pada hari ini. Walaupun ada kesalahan itu merupakan hal yang lumrah dan kedepannya untuk lebih ditingkatkan lagi,” harapnya.


Upacara ini menjadi momen penting bagi WBP dalam menggali rasa patriotisme dan tanggung jawab sebagai warga negara. Melalui kegiatan semacam ini, diharapkan semakin banyak WBP yang merasa termotivasi untuk mengubah diri, memperbaiki kesalahan masa lalu, dan menjadi anggota masyarakat yang bermanfaat setelah masa tahanan mereka berakhir. ( Samsul Hasibuan )

×
Berita Terbaru Update