Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Pemusnahan barang ilegal berupa Rokok ilegal dan barang lainnya senilai 7,1 miliar

Kamis, 10 Oktober 2024 | Kamis, Oktober 10, 2024 WIB Last Updated 2024-10-10T15:05:28Z


Menjalankan(TAMPAHAN,COM) sebagai fungsinya sebagai community protector, Bea Cukai Bekasi melakukan pemusnahan Barang yang Menjadi Milik Negara( BMMN ), hasil penindakan di bidang kepabeanan dan Cukai, yaitu Barang Kena Cukai(BKC) berupa Hasil Tembakau (HT), minuman mengandung Etil Alkohol (MMEA), dan Etil Alkohol (EA). Adapun kegiatan pemusnahan dilaksanakan secara simbolis di Kantor Bea Cukai Bekasi pada Rabu 9 Oktober 2024.

Adapun BMMN yang dimusnahkan berupa HT ilegal sejumlah 5.067.416 ( lima juta enam tujuh ribu empat ratus enam belas ) batang, MMEA ilegal sejumlah 859 ( Delapan ratus lima puluh sembilan ) liter dan EA sejumlah 235 liter.

Nilai seluruh BKC yang dimusnakan tersebut sebesar Rp. 7.133.712.920 (tujuh miliar seratus tiga puluh tiga juta tujuh ratus dua belas ribu sembilan ratus dua puluh ) dengan potensi kerugian negara sebesar Rp. 3.942.044.532 ( tiga miliar sembilan ratus empat puluh dua juta empat puluh empat lima ratus tiga puluh dua rupiah ).

 

“Pemusnahan BMN tersebut dilakukan atas barang hasil penindakan Bea Cukai Bekasi bersama-sama dengan Pemerintah Kota Bekasi dalam hal ini Satuan Pamong Praja Kota dan Kabupaten Bekasi. Korem 051/Wijayakarta. Polres Kota Bekasi, dan Kapolres Kabupaten Bekasi dalam Operasi bersama, Operasi Gempur Rokok Ilegal dan Operas Tindakan rutin Bea Cukai Bekasi di Wilayah Kota dan Kabupaten Bekasi selama tahun 2024.

 

Ini adalah bukti terwujud kerja sama dan kolaborasi serta sinergi antar instansi antar dengan penegak hukum lainnya.” Ungkap Kepala Kantor Bea Cukai Bekasi Yanti Sarmuhidayanti.

 

Kegiatan pemusnahan dilakukan dua tahap. Tahap pertama pemusnagan BKC ilegal dilakukan secara seremonial dengan cara dibakar dan di tuang di halaman Kantor Bea Cukai Bekasi. Selanjutnya tahap kedua untuk seluruh BHP akan dimusnahkan dengan cara dibakar dilokasi PT Solusi Bangun Indonesia tbk, Bogor- Jawa Barat pada hari yang sama.(TIM)

×
Berita Terbaru Update