Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Inspektorat Nias Selatan BACKUP Kades Sitelubanua Kecamatan Somambawa Dalam Memproses Dugaan Korupsi DD.

Rabu, 14 Agustus 2024 | Rabu, Agustus 14, 2024 WIB Last Updated 2024-08-14T00:08:35Z

Nias Selatan•||tampahan.com~Laporan dugaan penyelewengan Dana Desa yang dilakukan oleh Kepala Desa Sitolubanua kecamatan Somambawa Kabupaten Nias Selatan di Inspektorat Nias Selatan pada Tanggal 16 Oktober 2023 yang lalu terkesan lamban, warga masyarakat Desa Sitolubanua ikut bersama didampingi oleh beberapa awak Media dan LSM Pertanyakan perkembangan laporan tersebut. Senin 12/08/2024


Sofuzatulo Hia SE merupakan Salah satu perwakilan dari warga masyarakat desa Sitolubanua, kepada beberapa awak Media mengatakan, laporan dugaan penyelewengan Dana Desa yang dilakukan oleh Kepala Desa kami, sebenarnya sudah lama kami sampaikan atau lama kami serahkan di Inspektorat Nias Selatan yakni pada Tanggal 16 Oktober 2023, namun sampai sekarang kami belum tau sampai dimana pengembangannya.


Dilanjutkannya, Inspektur Inspektorat Nias Selatan Amsarno Sarumaha SH MH, didampingi oleh Irban V Atuloo Baene SH dan ketua tim auditor Sokhiato Gulo SIP mereka sangat menyambut kami dengan baik, dan pada pertemuan itu Inspektur Amsarno Sarumaha mengatakan, laporan Masyarakat Desa Sitolu Banua telah kami tindak lanjuti, tapi sabar itu pasti kami akan menyelesaikan penanganan laporan tersebut.


Adapun kendala yang kami alami dalam penangan laporan ini yaitu "dalam pengaduan fisik, harus tim teknis yang wajib kami butuhkan bantuan yakni tenaga dari Dinas PUPR karena mereka juga memiliki tupoksi dalam hal ini. Jadi kami meminta kesabaran dari pelapor, kasus ini pasti akan terselesaikan." jelas Sofu Hia.


Selanjutnya Sofuzatulo Hia juga menyampaikan bahwa Ketua Auditor Inspektorat Kabupaten Nias Selatan Sokhiato Gulo SIP mengatakan, penanganan Laporan Masyarakat ini kami sudah melakukan observasi lapangan dan hal itu telah kami sampaikan kepada pimpinan Inspektorat. Adapun kendala atau hambatan dalam penanganan Laporan Masyarakat ini, itu bukan karena adanya unsur kesengajaan tetapi ditengah pemeriksaan ada tugas lain yang diperintahkan oleh Bupati Nisel. Untuk Tahapan berikutnya, kami akan memanggil pihak pelapor dan terlapor. Jika laporan dugaan tersebut ternyata benar maka kami akan melimpahkan laporan ini kepada pihak penyidik maupun kejaksaan.


T. Ndruru juga sebagai Tokoh Masyarakat Desa Sitolu Banua mengatakan, adapun tujuan kami menghadap di Inspektorat hari ini yakni untuk mempertanyakan hasil atau sejauh mana pengembangan yang telah dilakukan oleh Inspektorat Nias Selatan dalam menangani laporan kami.


Sementara Er Ndruru sebagai ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Desa Sitolu Banua mengatakan "Kami sengaja mengundang mitra dari berbagai media dan LSM untuk menyaksikan hasil dari pengembangan laporan kami, Jika laporan kami tidak ada hasil maka kami dari Masyarakat Desa Sitolu Banua Kecamatan Somambawa akan turun dan akan melakukan aksi di Inspektorat Nias Selatan.


Kami perwakilan masyarakat Sitelubanua kecamatan Somambawa sangat kecewa dengan semua penjelasan kepala inspektorat kabupaten Nias Selatan dan terlebih lebih juga penyampaian kepala Auditor inspektorat Nias Selatan bahwa sudah dua kali mereka turun lapangan Audit dana desa kami Sitelubanua kecamatan Somambawa kabupaten Nias Selatan tetapi ironisnya kami sebagai pelapor belum di periksa atau diambil keterangan oleh auditor inspektorat Nias Selatan dan juga terlapor sebagai kepala desa Sitelubanua kecamatan Somambawa kabupaten Nias Selatan,yang diduga telah korupsi kan atau menyelewengkan dana desa Sitelubanua kecamatan Somambawa kabupaten Nias Selatan,maka kami perwakilan masyarakat desa Sitelubanua sangat kuat dugaan bahwa Inspektorat Nias Selatan BACKUP kepala desa Somambawa untuk tidak diproses laporan pengaduan kami dari masyarakat atas dugaan korupsi yang luar biasa.


Dan hingga berita ini kami tayangkan karena inspektorat kabupaten Nias Selatan sangat susah untuk di jumpai di ruang kerjanya dan sangat sibuk rapat yang dor tudor  di kantor bupati yang disampaikan oleh penerima tamu di inspektorat Nias Selatan.



(Team)

×
Berita Terbaru Update