Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Pembukaan KKN STISIP Syamsul Ulum,Wabup Minta Mahasiswa Dan Dosen Petakan Potensi Daerah

Senin, 15 Juli 2024 | Senin, Juli 15, 2024 WIB Last Updated 2024-07-15T08:47:21Z

 


Sukabumi,tampahan.com- Wakil Bupati Sukabumi H.Iyos Somantri membuka acara Penyerahan Peserta KKN STISIP Syamsul Ulum Sukabumi Tahun 2024 di Kecamatan Nyalindung dan Kecamatan Surade, Senin,15/7/2024.


Wakil Bupati menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Sukabumi mendorong terjalinnya sinergi yang baik antara pemerintah Kecamatan Nyalindung beserta perangkatnya dengan Civitas Akademika STISIP Syamsul Ulum.Mengingat peserta KKN telah berkomitmen untuk merealisasikan program edukasi terpadu dalam kegiatan tersebut dengan tujuan membantu meningkatkan pengetahuan,mencerdaskan kehidupan bangsa dan menyejahterakan masyarakat.


Menurut Wabup,kegiatan KKN ini bisa dijadikan sebagai proses pembelajaran yang sangat berharga untuk mendorong terjadinya perubahan sikap dan perilaku mahasiswa.Dengan langsung terjun ke masyarakat,mahasiswa dapat membentuk pola pikir yang lebih baik,bahkan bisa menemukan jati dirinya.Disinilah peran mahasiswa dituntut agar mampu memposisikan dan menyesuaikan diri dengan masyarakat selama mengikuti KKN karena mahasiswa dapat berperan sebagai pemberi informasi,motivator dan penghubung antar sistem atau fasilitator.


"Peran mahasiswa memang tidak mudah,karena permasalahan di masyarakat pada setiap daerah itu berbeda dan sangat beragam.Di sinilah peran penting dosen pembimbing untuk mendorong mahasiswa dalam memberikan program-program keberlanjutan untuk kemajuan dan pembangunan masyarakat,"ungkapnya.


Karena itu,lanjut Wabup.Dosen pembimbing bersama peserta KKN perlu melakukan pemetaan terhadap potensi sekaligus kondisi riil di desa lokasi pelaksanaan KKN,selain menggelar program dan konsep kerja.


"Saya berharap kegiatan KKN ini dapat mengasah softskill, kemitraan, kerjasam tim dan kepemimpinan mahasiswa dalam mengelola berbagai program pembangunan di wilayah perdesaan,"harap Wabup


Dalam kesempatan yang sama, Rektor STISIP Syamsul Ulum Sukabumi, DR. Aang Rahmatullah SIP, MSi,mengungkapkan tema KKN kali ini adalah "Pemberdayaan Masyarakat dan Pengelolaan Sumberdaya Manusia Berbasis Kearipan Lokal."


Dengan tema tersebut diharapkan Mahasiswa Syamsul Ulum ini bisa mengimplementasikan ilmu selama kuliah di Kampus,sesuai dengan Tri dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian Kepada Masyarakat.


"Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa,sebanyak 350 orang dari Program Studi Administrasi Negara dan Program Studi Ilmu Pemerintahan di Kecamatan Nyalindung dan Kecamatan Surade.KKN berlangsung dari tanggal 15 Juli sd 24 Agustus 2024 disebar di 10 Desa Kecamatan Nyalindung dan 12 Desa di Kecamatan Surade,"terangnya


Hadir pada acara tersebut Camat Nyalindung, Forkopimcam, para Kades se Kecamatan Nyalindung dan undangan lainnya.(Ade Irawan)

×
Berita Terbaru Update