Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Pj Bupati Barsel Hadiri Rapur Ke-3 Masa Persidangan I Tahun Sidang 2024 DPRD

Rabu, 01 Mei 2024 | Rabu, Mei 01, 2024 WIB Last Updated 2024-05-01T12:32:35Z



Buntok #(TAMPAHAN.COM) – Pj. Bupati Barito Selatan (Barsel)  H. Deddy Winarwan menghadiri rapat paripurna ke-3 masa persidangan I tahun sidang 2024 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Barito Selatan di Gedung Graha Paripurna, Senin (29/4/2024). 

Rapat paripurna ke-3 masa persidangan I tahun sidang 2024 DPRD tersebut, dipimpin langsung oleh Wakil Ketua 1 DPRD Barsel, Hj. Nyimas Artika. Agenda rapat paripurna tersebut terkait pembentukan panitia khusus (Pansus) tentang laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) kepala daerah Kabupaten Barito Selatan akhir tahun anggaran 2023 dan penyampaian hasil reses pimpinan DPRD dan anggota DPRD Kabupaten Barito Selatan masa persidangan I tahun sidang 2024.




Dalam wawancara Pj Bupati Barsel mengatakan,  bahwa setiap penyelenggaraan pemerintahan semua ada mekanismenya. Setiap tahun kepala daerah wajib menyampaikan LKPJ kepada DPRD kab/kota paling lambat 3 bulan setelah tahun anggaran berakhir.


Kemudian kembali Organisasi Perangkat Daerah (OPD) wajib membentuk Pansus untuk membahas LKPJ selambat lambat 3 Bulan setelah LKPJ di serahkan dan aut put dari LKPJ tersebut setelah berproses mungkin akan ada hirin rapat pendalaman dari semua Komisi DPRD dengan OPD. Selanjutnya, aut put dari itu semua, nantinya akan ada berupa rekomendasi, baik rekomendasi perbaikan kerja, rekomendasi pelayanan, maupun untuk mempertahankan prestasi kinerja yang sudah meningkat dan lain sebagaimananya, jelas Pj Bupati.




"Jadi pada prinsifnya penyampaian LKPJ oleh  kepala daerah dan pembahasan LKPJ adalah suatu mekanisme penyelenggaraan pemerintahan yang memang di atur oleh undang undang dan itu akan menjadi salah satu indikator dan data  untuk penyusunan RAPBD murni tahun 2025 nantinya," imbuhnya lagi.

Disamping itu terkait agenda rapat juga mendengarkan paparan oleh juru bicara DPRD, Indah Puspa Dewi, yakni penyampaian hasil reses dari masing-masing daerah pemilihan (Dapil) I, II, dan III di Kabupaten Barito Selatan.




"Seperti beberapa isu utama yang menjadi perhatian yakni, Bidang infrastruktur, bidang pendidikan, bidang kesehatan, bidang perlindungan lingkungan serta kesejahteraan masyarakat dalam pemberdayaan ekonomi melalui program pelatihan dan pendampingan usaha, serta peningkatan kualitas infrastruktur dalam pendukung usaha dan bidang bantuan sosial serta hibah juga perlu ditingkatkan."




Turut hadir sekretaris daerah Edy Purwanto, Asisten Pemerintahan dan Kesra Yoga P Utomo, Kadis PUPR Barsel Ita Minarni, serta kepala perangkat daerah lingkup Pemerintah Kabupaten Barito Selatan(hg)

×
Berita Terbaru Update