Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Penjabat Bupati Tapanuli Utara Hadiri Musrenbangnas 2024 di JCC

Selasa, 07 Mei 2024 | Selasa, Mei 07, 2024 WIB Last Updated 2024-05-07T13:39:34Z



Penjabat (Pj) Bupati Tapanuli Utara(TAMPAHAN.COM) *didampingi* Dr. Dimposma Sihombing, S.Sos, MAP didampingi  Kepala Bappedalitbang Tapanuli Utara Luhut Aritonang menghadiri Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) di Jakarta Convention Center (JCC), Senin (06/04/2024).


Musrenbangnas diikuti lebih dari 2.000 perwakilan pemerintah pusat dan daerah secara luring dan daring. Adapun agenda Musrenbangnas antara lain membahas Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2024 dan Peluncuran Proyeksi Penduduk 2020-2050.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) hadir secara langsung membuka acara tersebut. Presiden Joko Widodo menegaskan pentingnya sinkronisasi dan koordinasi yang kuat antara pemerintah pusat dan daerah dalam pelaksanaan program-program pembangunan


“Kita telah memiliki rencana pembangunan jangka menengah dan masuk ke tahunan kita masing-masing juga telah memiliki rencana kerja pemerintah atau RKP. Tetapi yang belum adalah sinkron atau tidak dengan rencana besar yang kita miliki, ini yang belum. Oleh sebab itu, sinkronisasi itu menjadi kunci,” ucap Presiden.


Presiden Jokowi pun meminta kepada semua pihak untuk berhati-hati dalam mengelola fiskal dan anggaran. Dirinya meminta agar tidak ada yang satu rupiah pun yang meleset dari rencana yang dibuat di awal dan untuk serta memperhatikan skala prioritas.


“Kehati-hatian kita dalam mengelola fiskal, mengelola anggaran betul-betul harus prudent, betul-betul harus hati-hati jangan sampai ada uang serupiah pun meleset dari rencana yang sudah kita buat, dan betul-betul memperhatikan skala prioritas,” tegasnya.


Sementara itu, Kepala PPN/Bappenas Suharso Monoarfa menjelaskan RKP Tahun 2024 fokus pada pencapaian target pembangunan dalam RPJMN tahun 2020-2024 serta meletakkan fondasi menuju Indonesia Emas 2024. Tema RKP adalah “Mempercepat Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan”.


Sebagai bagian Musrenbangnas RKP 2024, turut dilakukan Peluncuran Proyeksi Penduduk 2020-2025 sebagai rujukan bagi kementerian/lembaga dan Pemerintah Daerah menyusun program yang mengoptimalkan potensi bonus demografi.


Selain itu, disampaikan juga penghargaan bagi daerah yang menyusun perencanaan berkualitas dan mencapai target pembangunan.


Sementara itu Penjabat Bupati Tapanuli Utara menegaskan agar seluruh dokumen perencanaan RPJPD, RPJMD dan RKPD 2025 di Tapanuli Utara, di selaraskan dokumen perencanaan mulai dari Propinsi Sumatera Utara dan Nasional(RED)

×
Berita Terbaru Update